Hai Jumpa Lagi,
Kali ini saya mau sharing mengenai bagaimana cara membuat daftar riwayat hidup (Curriculum Vitae) untuk lamaran kerja, agar penyelia tertarik untuk membaca CV kalian (first impression)
Kesan pertama itu penting.
Secara general CV (Curriculum vitae) atau daftar riwayat hidup adalah dokumen yang memberikan gambaran mengenai pengalaman seseorang dan kualifikasi lainnya
sekarang sudah banyak aplikasi pembuat design CV Template yang menarik seperti https://www.canva.com dan banyak lainnya, design yang disediakan beragam kalian bisa memimilih sesuai dengan design yang dapat menggambarkan kepribadian kallian.
Nah kesempatan kali ini saya ingin menguraikan apa aja si data yang harus disajikan dalam sebuah CV, (kalian harus sejelas jelasnya mendeskripsikan diri kalian sebagai nilai jual dalam sebuah CV)
1. HEAD OF CV
cantumkan foto + nama (nama lengkap + gelar jika ada) + last jabatan yang kalian miliki + No Tlp yang aktif untuk dihubungi + alamat email pada baris teratas (Head CV) + alamat rumah lengkap rt rw kodepos. Ini agar memudahkan penyelia contact / menghubungi kamu jika lulus tahap seleksi berkas bisa via phone, email atau kurir.
Contoh
2. PROFILE
ada beberapa yang perlu dicantumkan dalam profile, saya jarang mencantumkan NIK KTP dalam profile karna menurut saya ini bersifat confidential (saya akan berikan ini saat pengisian form biodata pelamar jika dibutuhkan oleh HRD perusahaan yang menginterview)
contoh
Program Eksekutif Perpajakan Brevet ABC By Tax Center (2019 | Certified )
Seminar Pajak Bertutur By DJP (2019 | Certified)
5. SKILLS
Kemampuan / keterampilan yang kalian miliki, cantumkan sebanyak banyaknya skill yang relevan dengan dunia usaha
contoh
1. kemampuan berbahasa asing, (english, jepang, china, korea, dll)
2. Pengoperasian komputer (Ms. Office, AutoCAD, dll)
3. Accounting Program (MYOB, Zahir, dll)
4. (..................isi dengan keterampilan / kemampuan yang kalian miliki)
Terakhir dan yang paling penting adalah
6. JOB EXPERIENCE
pengalaman kerja ini sangat kritical, karna biasanya HRD Menyeleksi berkas kalian berdasarkan pengalaman yang di cantumkan, bagaimana jika kalian yang baru mulai mencari kerja blm memiliki pengalaman? carilah perusahaan perusahaan yang mau menerima anak magang (agar kalian bisa tulis di fotofolio kalian mengenai pengalaman kerja.
"walau hanya sekedar magang" sudah bisa dituliskan sebagai pengalaman kerja.
adapun informasi yang wajib kalian cantumkan dalam deskripsi job experience adalah
Manager Accounting | 2001-2018
Alamat
JL. Lurus Blok A5 No. 28 Batam, Indonesia 12345
Company Outline :
PT Bahagia Selalu Merupakan Main Office Travel Online yang berdiri sejak 1989, visi perusahaan ialah menyediakan travel yang dapat dinikmati berbagai kalangan dengan pelayanan prima.
job description
Contoh
Aurelia Aurita | Senior Manager Marketing
08799879xxx , aurita@gmail.com
Jl. Suka-Suka Blok C3, No.1 Jakarta Pusat 17334
ada beberapa yang perlu dicantumkan dalam profile, saya jarang mencantumkan NIK KTP dalam profile karna menurut saya ini bersifat confidential (saya akan berikan ini saat pengisian form biodata pelamar jika dibutuhkan oleh HRD perusahaan yang menginterview)
- Place, date of birth / Tempat, Tanggal lahir
- age / umur
- gender / jenis kelamin
- status single / maried
- religion / agama
- height / Tinggi badan
- weight / berat badan
- interest / hobi
- (....... bisa ditambahkan yang sekiranya perlu dicantumkan dalam profile... )
3. EDUCATION
biasanya pendidikan yang dicantumkan adalah pendidikan terakhir yang di tempuh, tapi kalian juga bisa tulis semua riwayat pendidikan dari TK - SD - SMP - SMA - S1 - S2 -S3 (Ingat harus berurutan jenjangnya)
minimal informasi ini bisa kalian tuliskan
- nama perguruan tinggi : Universitas xxx jakarta,
- tahun ajaran : 2001-2005
- jurusan yang diambil : Ekonomi
- jenjang pendidikan : S1
- status : Lulus Berijazah
dapat kalian satukan dalam bentuk paragraf
Contoh
- Universitas xxx Jakarta, S1 Ekonomi | 2001-2005 (Lulus Berijazah)
- SMAN 11111 Jakarta, IPS | 1998-2001 (Lulus Berijazah
- (......... dan seterusnya jika kalian menempuh pendidikan baik formal maupun non formal dapat dicantumkan ......... semakin jelas semakin baik)
4. TRAINING
Training saya bedakan dengan pendidikan (training di sini adalah pelatihan yang bersertifikat yang memiliki hubungan dengan dunia kerja, contoh brevet ABC untuk Pajak, K3 Umum untuk HSE, dll
informasi yang dapat kalian cantumkan adalah
- nama kegiatan training :
- lembaga yg menyelenggarakan training
- tahun pelaksanaan training
- status sertifikasi training :
contoh
Program Eksekutif Perpajakan Brevet ABC By Tax Center (2019 | Certified )
Seminar Pajak Bertutur By DJP (2019 | Certified)
5. SKILLS
Kemampuan / keterampilan yang kalian miliki, cantumkan sebanyak banyaknya skill yang relevan dengan dunia usaha
contoh
1. kemampuan berbahasa asing, (english, jepang, china, korea, dll)
2. Pengoperasian komputer (Ms. Office, AutoCAD, dll)
3. Accounting Program (MYOB, Zahir, dll)
4. (..................isi dengan keterampilan / kemampuan yang kalian miliki)
Terakhir dan yang paling penting adalah
6. JOB EXPERIENCE
pengalaman kerja ini sangat kritical, karna biasanya HRD Menyeleksi berkas kalian berdasarkan pengalaman yang di cantumkan, bagaimana jika kalian yang baru mulai mencari kerja blm memiliki pengalaman? carilah perusahaan perusahaan yang mau menerima anak magang (agar kalian bisa tulis di fotofolio kalian mengenai pengalaman kerja.
"walau hanya sekedar magang" sudah bisa dituliskan sebagai pengalaman kerja.
adapun informasi yang wajib kalian cantumkan dalam deskripsi job experience adalah
- Nama Perusahaan :
- Jabatan Terkahir :
- Periode Kerja :
- Alamat Perusahaan :
- Company Outline / gambaran sekilas ttg perusahaan :
- Job Description (selengkap lengkapnya tuliskan tugas dan tanggung jawab yang dikerjakan)
contoh
PT Bahagia Selalu
Manager Accounting | 2001-2018
Alamat
JL. Lurus Blok A5 No. 28 Batam, Indonesia 12345
Company Outline :
PT Bahagia Selalu Merupakan Main Office Travel Online yang berdiri sejak 1989, visi perusahaan ialah menyediakan travel yang dapat dinikmati berbagai kalangan dengan pelayanan prima.
job description
- Mengambil Keputusan yang berkaitan dengan investasi, pembelanjaan
- Merencanakan Mengatur dan Mengatur Arus Kas Perusahaan
- Merencanakan Mengatur dan Mengatur anggaran perusahaan
jika Kalian Mencantumkan semua diatas minimal CV Kalian akan menghabiskan 2 page kertas, semakin kalian profesional, akan semakin banyak informasi data yang dapat kalian cantumkan.
usahakan cv yang kalian buat seinformatif mungkin, yang dapat meningkatkan nilai jual kemampuan kalian dalam bergabung di dunia kerja.
demikian yang dapat saya share
semoga bermanfaat
Komentar
Posting Komentar